DISUSUN OLEH :
NIM : ……
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ( FKIP )
UNIVERSITAS TERBUKA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UPBJJ …………………………
2017.2
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT atas
karunia dan nikmat yang melimpah ruah dari Allah SWT, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan laporan ini untuk diajukan sebagai syarat untuk mengikuti ujian
mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) pada Program S1 PGSD
Universitas Terbuka UPBJJ Semarang Pokjar Brebes..Semoga hasil dari
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) dapat bermanfaat bagi penulis khususnya
dan bagi para pendidik pada umumnya untuk meningkatkan hasil pembelajaran.
Pada kesempatan ini penulis juga mengucapkan terimakasih banyak kepada :
- Bapak SUPRIYANTO.S,Pd , sebagai Supervisor / Pembimbing penyusun Makalah PKM.
- Bapak / Ibu pengelola Pokjar Seputih Banyak yang sudah membantu persiapan pelaksaan ujian pratik PKM.
- Ibu ...................... Sebagai Kepala Sekolah SDN .........................
- Bapak / Ibu Guru SDN .....................................
- Ibu ................................ yang telah menyediakan tempat bagi saya untuk melakukan Ujian Pratik PKM.
- Bapak / Ibu Guru SDN ...................................
7.
Semua pihak yang sudah bersedia membantu penyusunan makalah ini .
Penulis menyadari bahwa proses pembuatan laporan
Tertulis masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dalam isi maupun tata bahasanya. Oleh karena itu penulis mohon maaf jika ada kekurangan maupun
kesalahandalam penulisan laporan ini.
. Jaya, ........................... 2017
Penyusun
.............................................
NIM ......................................
BAB
I
PENDAHULUAN
Praktek
pemantapan kemampuan mengajar (PKM) adalah program pendidikan pengalaman
lapangan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi keguruan
bagi mahasiswa jurusan S1-PGSD. Oleh karena itu PKM dilakukan secara terjadwal,
terarah dan dilaksanakan dibeberapa sekolah dasar sebagai bidang yang berkaitan
dngan tugas-tugas guru, landasan kependidikan dan penguasaan bidang studi dan
hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran. Melalui program PKM, mahasiswa sebagai guru
atau calon guru diharapkan memiliki kemampuan keguruan yang utuh dan
terintegrasi sehingga nantinya dapat melakukan tugas sebagai guru profesional.
Berdasarkan hal tersebut marilah kita berlatih agar menguasai kompetensi
yang diharapkan dengan baik. Pembinaan
pemantapan kemampuan mengajar yang dilakukan merupakan salah satu penunjang bagi calon Guru atau lebih berkompetensi dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran yang telah disusun. Perencanaan proses pembelajaran
meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan
pembelajaran, materi
ajar, metode pengajaran,sumber belajar,dan
penilaian hasil belajar.
BAB II
TUJUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )
Laporan ini disusun bertujuan untuk :
·
Pembahasan RPP sebelum memulai
proses pembelajaran
·
Implementasi RPP
·
Refleksi setelah selesai praktek
mengajar dengan teman kelompok dan guru pamong
·
Bimbingan dari guru pamong berupa
komentator dan revisi RPP
·
Untuk
meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran secara efektif dan efisien.
·
Untuk
meningkatkan kualitas Mahasiswa dalam keguruan sebagai pendidik yang mempunyai
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi
BAB III
MANFAAT PKM
(PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR)
Setelah
mengikuti seluruh proses pembelajaran mata kuliah PKM dengan bersungguh-sungguh
, mahasiswa dapat mengerti,
sehingga dapat memberikan manfaat:
F Manfaat bagi guru adalah :
· Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai sesuatu
yang dinamis, menarik dan menantang.
· Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan
kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta
melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
F Manfaat bagi siswa adalah :
1. Menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai
sesuatu yang dinamis, menarik
dan menantang.
2. Mempunyai kemampuan untuk
menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri
dalam
merancang dan melakukan pembelajaran, serta Melakukan berbagai
upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam
mengajar.
BAB IV
FORMAT LAPORAN REFLEKSI
Setelah
pelaksanaan PKM, penulis mengambil refleksi dengan harapan dapat menjadi
rekomendasi. Adapun refleksi dari penyelenggaraan PKM adalah sebagai berikut:
1. Penyelenggara PKM
Penyelenggaraan PKM sebaiknya tidak mengambil waktu semester genap karena bertepatan dengan pelaksanaan ujian.
2.Tujuan Laporan Pembelajaran
Agar kita terbiasa bekerja secara
sistematis menemukan kekuatan dan kelemahan pengelolaan kelas,sehingga dapat
memicu kita untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran disekolah dasar.
3.Gambaran Umum Isi Laporan
Isi
laporan ini untuk melatih mahasiswa dalam penyelenggaraan program pembelajaran
mulai dari persiapan ,merencanakan,melaksanakan sampai mengevaluasi dan
memanfaatkan hasil evaluasi.
4. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang digunakan di sekolah mitra cukup baik. Karena transportasi, peserta agak kesulitan dalam mencari media yang cukup baik untuk dipakai pada saat ujian di sekolah mitra.
Downloan File Lengkapnya dibawah Ini Tinggal Edit :
PKM LAPORAN TERTULIS NEW 2017-2018 ( Download )
Download File Lengkapnya dibawah Ini Tinggal Edit :
Silahkan BERBAGI Meskipun Cuma
dengan Senyuman di :
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )
SEMESTER
IV
DISUSUN OLEH :
NAMA :
NIM :
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ( FKIP )
UNIVERSITAS TERBUKA PROGRAM STUDI S1 PGSD
UPBJJ BANDAR LAMPUNG
2014.1
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucapkan rasa syukur kepada alloh SWT yang telah memberikan
nikmat dan petunjuknya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan ini tepat pada waktunya.
Banyak manfaat yang penulis dapatkan ketikamenjadi seorang pendidik
selama melaksanakan pemantapan kemampuan mengajar , untuk meningkatkan
profesionalisme dalam perbaikan kerja dalam pembelajaran.Semoga hasil dari
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) dapat bermanfaat bagi penulis khususnya
dan bagi para pendidik pada umumnya untuk meningkatkan hasil pembelajaran.
Pada kesempatan ini penulis juga mengucapkan terima
kasih banyak kepada :
- Bapak SUPRIYANTO.S,Pd , sebagai Supervisor / Pembimbing penyusun Makalah PKM.
- Bapak / Ibu pengelola Pokjar Seputih Banyak yang sudah membantu persiapan pelaksaan ujian pratik PKM.
- Ibu........................, S,Pd. Sebagai Kepala Sekolah SDN .....................
- Bapak / Ibu Guru SDN ..............................
- Ibu .........................., S.Pd. yang telah menyediakan tempat bagi saya untuk melakukan Ujian Pratik PKM.
- Bapak / Ibu Guru SDN ............................
- Semua pihak yang sudah bersedia membantu penyusunan makalah ini .
Penulis menyadari bahwa proses
pembuatan laporan masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dalam isi maupun
tata bahasanya. Oleh karena itu penulis mohon maaf jika ada kekurangan maupun
kesalahan dalam penulisan laporan ini .
LampungJaya,........... April 2014
Penyusun
.........................................
NIM .................................
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.........................................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................................
DAFTAR ISI.............................................................................................................
PENDAHULUAN.............................................................................................................
Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah Pkn PGSD 12
Lembar Program Pembelajaran Dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran........................................................
1.
2 Program Dan RPP
Matematika 2.............................................................
2.
2 Program Dan RPP
IPA 2.........................................................................
3.
2 Program Dan RPP
IPS
2.........................................................................
4.
2 Program Dan RPP
Bahasa Indonesia 2....................................................
5.
2 Program Dan RPP
PKn 2.........................................................................
6.
1 Program Dan RPP
...................................................................................
7.
1 Program Dan RPP
...................................................................................
12 Lembar Refleksi Diri Setelah Melaksanakan Pembelajaran
............................................
1. 2
Matematika 2
..........................................................................................
2. 2
IPA 2
.......................................................................................................
3. 2
IPS 2 .......................................................................................................
4. 2
Bahasa Indonesia 2
.................................................................................
5. 2
PKn 2 ......................................................................................................
6. 1
..................................................................................................................
7. 1
..................................................................................................................
12 Lembar Alat Penilaian Kemampuan Guru ( APKG 1
)....................................................
1. 2 Matematika 2
...........................................................................................
2. 2
IPA 2
.......................................................................................................
3. 2
IPS 2
.......................................................................................................
4. 2
Bahasa Indonesia 2
.................................................................................
5. 2
PKn 2
......................................................................................................
6. 1
..................................................................................................................
7. 1
..................................................................................................................
12 Lembar Alat Penilaian Kemampuan Guru ( APKG 2
)....................................................
1. 2 Matematika 2
...........................................................................................
2. 2
IPA 2
.......................................................................................................
3. 2
IPS 2
......................................................................................................
4. 2
Bahasa Indonesia 2 ..................................................................................
5. 2
PKn 2
.......................................................................................................
6. 1
..................................................................................................................
7. 1
..................................................................................................................
LAMPIRAN...........................................................................................................................
v LAPORAN
TERTULIS..............................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Melalui mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Mengajar (PKM) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan
pembelajaran di Sekolah Dasar, sehingga guru akan memiliki kemampuan mengajar
secara professional.
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh
seorang guru Sekolah Dasar adalah mengelola pembelajaran yang mendidik dan
berorientasi pada pembelajaran yang menyenangkan siswa, dari mata kuliah ini,
mahasisiwa akan berlatih untuk menerapkan berbagai pengetahuan , keterampilan,
dan sikap.
Laporan
PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dengan kata lain,
mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali
karakteristik dan
kebutuhan
belajar peserta didik;
2. Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapkan
prinsip-prinsip
pembelajaran
dan keilmuan bidang studi dengan tepat;
3. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dengan
mengacu pada rencana
pembelajaran
yang telah dibuat;
4. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya
dalam mengajar, melalui
refleksi;
5. Memperbaiki tindak pembelajaran berikutnya
dengan memperhatikan hasil
evaluasi
pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya;
6. Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak
pembelajaran yang
dilakukan
berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacunya
(TIM
FKIP, 2009 : 1.4-1.5).
Jika tujuan diatas dapat
tercapai , kita akan terbiasa
bekerja secara sistematis menemukan kekuatan dan kelemahan dalam mengelola
pembelajaran , serta terbiasa pula berusaha secara sistematis menemukan
Alternative untuk memperbaiki kekurangan pada diri sendiri. Kebiasaan ini akan
menjerumus kepada kebiasaan melakukan penelitian praktis dikelas sendiri .
Form kelengkapan
Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD
Kode Mata Kuliah : PDGK 4209
Nama Mahasiswa :
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Masa Ujian : 2014.1
NO
|
Jenis Berkas
|
Target
|
Kelengkapan
Jumlah
Yang
dikumpulkan
Mahasiswa
|
1.
|
RPP
|
12
|
12
|
2.
|
Lembar
Refleksi
|
12
|
12
|
3.
|
Instrumen
Penilaian APKG 1
|
12
|
12
|
4.
|
Instrumen
Penilaian APKG 2
|
12
|
12
|
Menyetujui Jaya, ............. 2014
Kepala SDN ........................ Mahasiswa
........................................... ………………………
NIP. NIM.................................Download File Lengkapnya dibawah Ini Tinggal Edit :
LAPORAN PKM LENGKAP 2017-2018 TERBARU ( Download )
Silahkan BERBAGI Meskipun Cuma
dengan Senyuman di :
0 comments:
Post a Comment