Contoh
laporan Unggah Karil PKP untuk mahasiswa S1 PGSD UT. Berikut contoh Laporan
Unggah Karil PKP guru SD. Berguna bagi bapak/ ibu guru atau mahasiswa UT. . Silahkan
doawnload dan tinggal edit nama, nim,dll seluruh isi Unggah Karil PKP ini. Gunakan
sebagai referensi dan panduan saja.. Semoga bermanfaat bagi siswa, guru
sebagi peneliti maupun pendidik.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN
HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA
MATERI BILANGAN ROMAWI KELAS IV
SDN
1 RUKTI BASUKI KECAMATAN RUMBIA
KABUPATEN
LAMPUNG TENGAH
TP
201…
/ 201….
N
A M A : AGUNG[1]
ABSTRAK
Salah satu kemampuan yang harus
dikuasai guru adalah mengembangkan diri secara profesional baik melalui
pendidikan formal maupun non formal. Sebab Peran guru dalam proses pembelajaran sebagai
pengajar, inovator, fasilisator, evaluator, pembimbing dan agen pembaharuan,
sehingga setelah pembelajaran selesai guru mampu merefleksikan. Dalam pembelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang menjemukan,
menakutkan sebagai siswa, maka tidak jarang dalam kenyataanya banyak dijumpai
para siswa mendapat nilai rendah. Hal ini menuntut perubahan dalam
pengorganisasian kelas, penggunaan metode demonstrasi juga strategi belajar mengajar
maupun sikap guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Perbaikan pembelajaran adalah merupakan upaya yang dilakukan oleh guru di
dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerja guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat, juga meningkatkan
ketuntasan belajar maka penulis melakukan perbaikan pembelajaran di kelas.
Berdasarkan rumusan masalah di atas rencana perbaikan dan proses belajar
mengajar yang bertujuan agar siswa dapat aktif dan kreatif dalam kegiatan
belajar mengajar dan pemahaman terhadap Bilangan Romawi pada pelajaran matematika
sehingga dapat meningkatkan nilai tes formatif.
Kata Kunci : “ Peran Guru, Perbaikan Pembelajaran dan Metode Demonstrasi ”.
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu kemampuan yang harus
dikuasai guru adalah mengembangkan diri secara profesional baik melalui
pendidikan formal maupun non formal. Ini berarti guru tidak hanya dituntut
menguasai materi pembelajaran atau mampu menyajikan secara tepat tetapi juga
mampu melihat dan menilai kinerjanya sendiri. Perbaikan pembelajaran adalah
merupakan upaya yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui
refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil
belajar siswa menjadi meningkat. Perbaikan pembelajaran dimulai dengan adanya
masalah yang dirasakan guru dalam pembelajaran . Masalah tersebut bisa berupa masalah yang berhubungan
dengan Perbaikan pembelajaran bertujuan untuk menemukan solusi dan alternatif
terhadap masalah yang terjadi selama proses belajar pembelajaran .
Dari
masalah- masalah seperti diungkapkan di atas, maka dalam melakukan penelitian
ini penulis mengambil judul “ Upaya Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar
Siswa Dengan Metode Demontrasi Pada Materi Bilangan Romawi Siswa Kelas IV SDN 1
Rukti Basuki Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah”
1. Identifikasi Masalah
- Proses KBM yang tidak efektif.
- Suasana kelas dalam proses KBM yang kurang menyenangkan.
- Siswa Sulit Berpikir Sistematis dan Abstrak
- Siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran.
- Metode yang digunakan beum sesuai materi
- Hasil evaluasi belajar siswa dalam tes formatif tidak sesuai yang diharapkan.
2. Analisis Masalah
Ø
Metode yang digunakan guru tidak melibatkan siswa
secara aktif dalam proses pembelajaran
Ø
Penggunaan media yang tidak maksimal serta guru kurang terampil
menggunakannya dalam menjelaskan materi.
Ø
Bahasa yang digunakan guru dalam menjelaskan materi sulit dimengerti.
Ø
Strategi pembelajaran yang digunakan guru tidak relevan dan kurang
bervariasi.
Ø
Guru dalam mendemonstrasikan tidak memperhatikan
keterlibatkan siswa.
Ø
Kurangnya contoh latihan yang diberikan guru.
[1] Nim : ……………….,
Program Studi : S1 PGSD, Masa Ujian : 201...1,
Pokjar : Seputih Surabaya, Email : …………………………..
Butuh Materi Lanjutanya
0 comments:
Post a Comment