Sehubungan dengan keterbatasan anggaran untuk melaksanakan monitoring tunjangan profesi kepada seluruh guru yang ada di seluruh tanah air, maka Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar telah membuat sistem online monitoring untuk tunjangan profesi guru.
Tujuannya untuk menjaring data dan informasi mengenai efesiensi dan efektifitas serta dampak pemberian tunjangan profesi.
Adapun linknya http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/e-monitoring_tunjangan profesi (didalamnya terdapat petunjuk pengisian. Adapun yang mengisi e-monitoring ini adalah:
- Pejabat pengelola tunjangan guru Dikdas pada Dinas Pendidikan Kab/Kota
- Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota yang menangani permasalahan guru Dikdas
- Kepala Sekolah (jenjang dikdas baik pada Sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta)
- Guru PNSD penerima tunjangan profesi
- Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil penerima tunjangan profesi
- Operator Sekolah
Pengisian Manual
E-monitoring Tunjangan Profesi Guru Pendidikan Dasar Tahun 2019
INSTRUMEN
MONITORING DAN EVALUASITUNJANGAN PROFESI GURU SD/SDLB DAN SMP/SMPLB (KODE:
TP-G-01, GURU PNS)
* Wajib
IDENTITAS RESPONDEN
Bapak/IBu dipersilahkan untuk
memasukkan identitas
Nama
NIP *
Golongan
NUPTK
Nama Sekolah
Kabupaten/Kota
Provinsi
No Kontak/Hp
E-mail
INSTRUMEN MONITORING DAN
EVALUASITUNJANGAN PROFESI GURU SD/SDLB DAN SMP/SMPLB (KODE: TP-G-01, GURU PNS)
I. PELAKSANAAN PENYALURAN TUNJANGAN
PROFESI
A. Persiapan (Sosialisasi Petunjuk
Teknis)
Apakah Bapak/Ibu pernah menjadi
peserta sosialisasi Petunjuk Teknis Tunjangan Profesi?
Tidak Pernah
Pernah
Apakah Dinas Pendidikan Kab/Kota
melaksanakan sosialisasi Petunjuk Teknis Tunjangan Profesi sesuai dengan waktu
yang telah ditentukan?
Tidak
Ya
Lama pelaksanaan?
1 hari
2 hari
3 hari
Lebih dari 3 hari
Kapan sosialisasi dilaksanakan ?
Januari
Februari
Lainnya
Sebutkan bulan Lainnya
Apakah narasumber memaparkan materi
sosialisasi Petunjuk Teknis Tunjangan Profesi dengan jelas?
Tidak Jelas
Kurang Jelas
Cukup Jelas
Sangat Jelas
Asal intansi narasumber?
Kemendikbud
Dinas Pendidikan Provinsi
Dinas Pendidikan Kab/Kota
Regulasi yang dipergunakan dalam
pelaksanaan Tunjangan Profesi guru
Permendikbud No.33 Tahun 2018
tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10
Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan
Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah
Permendikbud No.15 Tahun 2018
tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019
tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.
Lainnya
Sebutkan lainnya
Apakah ada Peraturan Daerah (Perda)
atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang merupakan turunan dari aturan
pelaksanaan tentang Tunjangan Profesi guru?
Tidak
Ya
Jika tidak, Sebutkan alasannya
B. Persiapan (Pemberkasan)
Apakah bapak/Ibu melakukan
pemberkasan ulang untuk menerima Tunjangan Profesi?
Tidak
Ya
Berkas apa saja yang menjadi
persyaratan administrasi Tunjangan Profesi?
Sertifikat pendidik
Surat Keterangan 24 jam tatap muka
dari kepala sekolah
Surat Keterangan memperoleh Tugas
Tambahan
Surat penyesuaian gaji (PNS)
Daftar hadir
Lainnya
Sebutkan lainnya
C. Penetapan Peserta
Kriteria penerima Tunjangan Profesi?
Guru PNSD jenjang pendidikan dasar
di bawah binaan pemerintah kab/kota
Surat Keterangan mengajar minimal 24
jam tatap muka dari kepala sekolah
Memiliki satu atau lebih sertifikat
pendidik
Memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG)
Surat Keterangan memperoleh Tugas
Tambahan
Guru yang memiliki nilai Penilaian
Kinerja Guru (PKG) minimal “Baik”.
Lainnya
Jika ada kriteria lain, tuliskan di
bawah ini.
Apakah Bapak/Ibu mengetahui perihal
penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) melalui aplikasi info GTK?
Tidak
Ya
Jika jawaban diatas “Ya” Tuliskan:
Tanggal SKTP diterbitkan
Tanggal SKTP diterima
D. Penyaluran Bantuan
Apakah Pihak Dinas Pendidikan
melakukan verifikasi dan validasi terhadap data penerima Tunjangan Profesi
berikut:
Surat Keputusan Tunjangan Profesi
(SKTP)
NRG
NUPTK
Beban Kerja Minimal 24 (dua puluh
empat) jam tatap muka
Linieritas dengan sertifikasi
pendidikan
Nominal Besaran Tunjangan
Tempat tugas
Tugas tambahan
Penilaian Kinerja Guru (PKG) minimal
“baik”
Lainnya
Sebutkan lainnya
Apakah Bapak/Ibu melakukan
verifikasi terhadap data yang tercantum dalam aplikasi info GTK (SIMTUN)
sebagai penerima Tunjangan Profesi?
Tidak
Ya
Apakah Bapak/Ibu memberikan insentif
tambahan kepada operator atau pengelola:
Tidak
Ya
Jika “Ya”, kepada siapa memberikannya?
Operator sekolah
Pengelola tunjangan di Kab/Kota
Lainnya
Sebutkan lainnya
Kapan memberikan insentif tersebut?
Sebelum Pencairan
Sesudah Pencairan
Total besaran insentif yang
diberikan Rp. …………
Sebutkan waktu penerimaan atau
pencairan dana Tunjangan Profesi?
Triwulan I (Sebutkan nama Bulan)
Jumlah
Triwulan II (Sebutkan nama Bulan)
Jumlah
Triwulan III (Sebutkan nama Bulan)
Jumlah
Triwulan IV (Sebutkan nama Bulan)
Jumlah
Bagaimanakah pencairan dana
Tunjangan Profesi yang masuk ke rekening Bapak/Ibu?
Melalui Transfer bank
Secara tunai dari Dinas Pendidikan
setempat
Apakah Bank meminta persyaratan
tambahan atau khusus dalam proses pencairan dana Tunjangan Profesi?
Tidak
Ya
Jika “Ya”, sebutkan persyaratan
khusus tersebut
Apakah besar Tunjangan Profesi guru
yang Bapak/Ibu terima setara dengan gaji pokok?
Tidak
Ya
Jika tidak sebutkan alasannya :
Jangan
pernah mengirimkan sandi melalui Google Formulir.
INSTRUMEN MONITORING DAN
EVALUASITUNJANGAN PROFESI GURU SD/SDLB DAN SMP/SMPLB (KODE: TP-G-01, GURU PNS)
II. DAMPAK PENYALURAN TUNJANGAN
PROFESI
A. Kesejahteraan
Dipergunakan untuk apa saja
Tunjangan Profesi yang Bapak/Ibu terima? (Mohon disebutkan untuk alokasi apa
saja)
Pembelian laptop
Pembelian buku penunjang/referensi
Pembelian alat komunikasi
Pembelian alat transportasi
Lainnya
Lainnya sebutkan:
Apakah Bapak/Ibu sudah
mengalokasikan Tunjangan Profesi untuk mendukung peningkatan profesionalisme
sebagai guru?
Belum dipikirkan
Sudah direncanakan
Sudah digunakan
Jika jawaban “b atau c”, berapa
persen kira-kira alokasi untuk peningkatan profesionalisme?
= 5%
>5%
Tuliskan kegiatan peningkatan
profesionalisme yang dibiayai dari dana Tunjangan Profesi?
Mengikuti kegiatan KKG/MGMP
Seminar nasional
Pendidikan dan pelatihan
Presentasi pada forum ilmiah
Publikasi ilmiah berupa hasil
penelitian
Publikasi teks pelajaran
Membuat karya inovatif
Lainnya
Sebutkan lainnya
B. Peningkatan Kompetensi
Sebutkan nilai PKG yang diperoleh
Bapak/Ibu?
Catatan Nilai PKG yaitu; amat baik,
baik, cukup, sedang, dan kurang .
Tahun 2017
Nilai
Skor
Tahun 2018
Nilai
Skor
Tahun 2019
Nilai
Skor
lainnya
Apakah Bapak/ Ibu pernah mengikuti
UKG (Uji Kompetensi Guru)?
Tidak
Pernah
Jika jawaban di atas “pernah”,
berapa skor UKG yang diperoleh?
Berapa kali dalam seminggu,
Bapak/Ibu tidak masuk kelas (tidak mengajar)?
lebih dari 2 hari
2 hari
1 hari
Tidak Pernah
Sebutkan alasan bapak/Ibu tidak
masuk kelas (tidak mengajar)?
Apakah Bapak/Ibu menggunakan
Tunjangan Profesi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya ?
Tidak
Ya
sebutkan alasannya
Kompetensi Kepribadian
Pilihan jawaban
1. Sangat Rendah
2. Rendah
3. Tinggi
4. Sangat Tinggi
Menunjukkan etos kerja dan tanggung
jawab yang tinggi.
1
2
3
4
Bangga menjadi guru dan percaya pada
diri sendiri.
1
2
3
4
Bekerja mandiri secara profesional.
1
2
3
4
Memahami kode etik profesi guru.
1
2
3
4
Menerapkan kode etik profesi guru.
1
2
3
4
Berperilaku sesuai dengan kode etik profesi
guru.
1
2
3
4
Kompetensi Sosial
Pilihan jawaban
1. Sangat Rendah
2. Rendah
3. Tinggi
4. Sangat Tinggi
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak diskri-minatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama,
ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
1
2
3
4
Berkomunikasi secara efektif,
empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan
masyarakat.
1
2
3
4
Beradaptasi di tempat bertugas di
seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
1
2
3
4
Berkomunikasi dengan komunitas
profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
1
2
3
4
C. Peningkatan Proses Pembelajaran
Peningkatan Proses Pembelajaran
Pilihan jawaban
1. Tidak pernah
2. kadang-kadang
3. sering
4. selalu
Apakah Bapak/Ibu membuat RPP untuk
pembelajaran/ mata pelajaran yang diajarkan?
1
2
3
4
Apakah penggunaan metode
pembelajaran yang dipilih guru penerima Tunjangan Profesi membuat peserta didik
di sekolah aktif/ antusias mengikuti pembelajaran?
1
2
3
4
Apakah guru penerima Tunjangan
Profesi menggunakan berbagai macam instrumen penilaian ?
1
2
3
4
D. Peningkatan Hasil Pembelajaran
dan Prestasi Akademik
Bagaimanakah perkembangan hasil
belajar siswa (nilai ujian sekolah) tiga tahun terakhir pada masing-masing mata
pelajaran di sekolah Bapak/Ibu
Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Bahasa Indonesia
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Matematika
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Seni Budaya dan Prakarya
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
(PJOK)
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Pendidikan IPA
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Pendidikan IPS
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Bahasa Inggris
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Pendidikan Agama
Tahun Ajaran 2016/2017
Tahun Ajaran 2017/2018
Tahun Ajaran 2018/2019
Bagaimanakah perkembangan nilai UN
siswa di sekolah Bapak/Ibu tiga tahun terakhir pada masing-masing mata
pelajaran di sekolah Bapak/Ibu
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Bahasa Indonesia
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Matematika
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan (PJOK)
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Pendidikan IPA
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Pendidikan IPS
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Bahasa Inggris
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Pendidikan Agama
Tahun 2016-2017
Tahun 2017-2018
Tahun 2018-2019
Bagaimanakah perkembangan jumlah
siswa yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi tiga tahun terakhir
Tahun 2016-2017
Jumlah siswa yang diterima
Jumlah siswa yang melanjutkan
Tahun 2017-2018
Jumlah siswa yang diterima
Jumlah siswa yang melanjutkan
Tahun 2018-2019
Jumlah siswa yang diterima
Jumlah siswa yang melanjutkan
Bagaimanakah perkembangan prestasi
non akademik siswa di kelas/ sekolah Bapak/Ibu?
Tuliskan Jenis Prestasi dan Lomba
Karya Non Akademik, Tingkat kejuaraan (Inter, Nas, Prov, Kab, Kec) dan urutan
juara. Contoh: juara lomba olah raga
Peningkatan apa saja yang Bapak/Ibu
rasakan setelah menerima Tunjangan Profesi?
Kompetensi Pedagogik
aktif dalam penyusunan program dan
rencana pembelajaran
mengikuti kebutuhan belajar siswa
dengan metode yang kekinian, mutakhir, variatif sehingga siswa tidak bosan
siswa lebih banyak melakukan
interaksi pada pembelajaran yang aktif dan guru hanya mengarahkan
dapat meningkatkan media
pembelajaran menjadi lebih baik
lainnya
Sebutkan lainnya
Kompetensi Kepribadian
Lebih bertaqwa dan bersyukur kepada
Tuhan YME
Disiplin lebih tinggi
Lebih percaya diri dalam menjalankan
tugas
Etos kerja semakin meningkat
Bersikap lebih bijak dalam
menghadapi setiap permasalahan
Lebih loyal pada instansi tempat
bekerja
Lebih bangga akan profesi yang
didapatkan sebagai guru
lainnya
Sebutkan lainnya
Kompetensi Sosial
mengikuti kegiatan organisasi
profesi
semakin dekat dengan rekan kerja
untuk menjalin kerjasama dalam mendidik siswa
meningkatkan pendekatan dengan orang
tua murid apabila menghadapi kendala
lebih meningkatkan kerjasama dengan
berbagai pihak elemen lingkungan pendukung pendidikan
komunikasi antar warga sekolah
semakin baik
lainnya
Sebutkan lainnya
Kompetensi Profesional
meningkatkan pengetahuan terkait
bidang studi yang ditekuni
menambah referensi mata pelajaran
yang diampu
Bisa membiayai studi lanjut
mendidik siswa dengan motivasi yang
tinggi
peningkatan kualitas proses
pembelajaran sebagai guru professional
lainnya
Sebutkan lainnya
Mutu Pembelajaran
Persiapan perangkat pembelajaran
dilakukan dengan matang sebelum proses pembelajaran di kelas
meningkatkan kompetensi dengan
mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah melalui MGMP
peningkatan nilai UN dari tahun
sebelumnya
lainnya
Sebutkan lainnya
Layanan Pendidikan yang Berkualitas
terbiasa memanfaatkan perangkat
teknologi dapat memberikan layanan pendidikan dengan hasil efektif dan efisien
memberikan pelayanan atau proses
kegiatan belajar mengajar sesuai dengan RPP
melayani setiap kebutuhan peserta
didik dengan baik
memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk selalu berinteraksi dengan pihak sekolah terutama guru
mengikuti pelatihan mengenai proses
pembelajaran inovatif yang diaplikasikan dalam mengajar
Option 6
Sebutkan lainnya
III. KENDALA
Kendala yang dihadapi dalam
pelaksanaan penyaluran (Persiapan, sosialisasi pemberkasan, penetapan peserta,
dan penyaluran bantuan)
INSTRUMEN MONITORING DAN
EVALUASITUNJANGAN PROFESI GURU SD/SDLB DAN SMP/SMPLB (KODE: TP-G-01, GURU PNS)
IV. SARAN
Saran terhadap penyaluran Tunjangan
Profesi
1. Sangat Rendah
2. Rendah
3. Tinggi
4. Sangat Tinggi
1. Sangat Rendah
2. Rendah
3. Tinggi
4. Sangat Tinggi
1. Tidak pernah
2. kadang-kadang
3. sering
4. selalu
Selain itu kami mohon bantuan bapak/ibu agar instrument e-monitoring ini disebarkan kepada para kepala sekolah dan penerima tunjangan profesi baik guru PNSD maupun bukan PNSD.
Waktu pengisian antara Agustus sampai dengan Awal Oktober 2019, semoga bermanfaat (sumber GTK Dikdas). Alamsyah
0 comments:
Post a Comment